Tips Beli Tiket Kereta Api Online Dadakan

Kadangkala, keperluan atau segala sesuatu yang mendadak dapat diatasi dengan mudah jika tidak panik dan tetap tenang. Tetapi tentu ada juga yang tidak bisa dengan mudah teratasi. Salah satu hal yang bersifat dadakan namun masih bisa diatasi dan dicari jalan keluarnya adalah ketika hendak bepergian dengan menggunakan kereta. Bagi sebagian orang yang terbiasa bepergian dengan menggunakan kereta api karena kurang begitu suka dengan menggunakan bus atau modal transportasi lain tentu pernah mengalami kesulitan saat akan beli tiket kereta api online  secara dadakan. Seringnya adalah harus langsung melalui stasiun. Jika kebetulan sedang ada mungkin tak masalah namun jika tidak? Tentu akan sia-sia rasanya mengantri di loket stasiun.

Tetapi tenang saja, sebenarnya masih ada alternatif jalan keluar lainnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin saja berguna untuk Anda jika ingin memperoleh tiket kereta api dadakan secara online:

  • Gunakan aplikasi atau situs terpercaya.

Hal ini mutlak dilakukan jika Anda ingin membeli tiket kereta api dadakan secara online, sebab pada laman reservasi yang ada di situs KAI biasanya tidak melayani pembelian secara langsung pada hari itu. Biasanya maksimal H-2 saja. Oleh sebab itu, gunakan situs atau aplikasi lain seperti situs belanja online yang menyediakan fitur pemesanan tiket kereta api online. Pastikan juga bahwa situs atau aplikasi tersebut menyediakan layanan pemesanan tiket pada hari itu juga.

  • Sabar dan berdoa.

Anda mungkin tidak sendirian, ada ratusan orang lain yang juga membutuhkan dan ingin beli tiket kereta api online secara dadakan. Kuncinya tetap sabar dan berdoa, mudah-mudahan masih ada bangku yang tersedia untuk Anda. Selain itu pastikan bahwa koneksi internet tidak lemot sebab Anda akan berlomba dengan ratusan calon pemesan lainnya. Sama halnya seperti saat beli tiket kereta untuk mudik.

  • Pilih jalur alternatif lain.

Jika misalkan saja tidak ada keberangkatan secara langsung ke kota tujuan Anda maka sebaiknya pilih alternatif rute kereta lain. Misalkan jika Anda dari Surabaya ingin ke Jakarta, Anda bisa mencoba alternatif rute dari Surabaya ke Solo atau Jogja kemudian baru melanjutkan dengan kereta lain yang menuju Jakarta. Atau bisa juga dari Surabaya ke Bandung terlebih dahulu, baru kemudian menggunakan kereta lain jurusan Bandung-Jakarta. Meski sebenarnya tidak efisien dan jatuhnya tiket jadi lebih mahal tidak jadi masalah, karena Anda masih tetap bisa sampai tujuan. Usahakan jangan cari tenggat waktu kereta satu dengan kereta lainnya terlalu lama. Maksimal 3 jam saja.

  • Siapkan dana lebih.

Jika Anda ingin mencoba poin ketiga, maka bisa jadi tiket yang harus Anda bayarkan lebih mahal daripada tiket yang langsung menuju tujuan utama Anda. Oleh karena itu jangan lupa persiapkan uang lebih. Gunakan pembayaran langsung melalui kantor pos atau gerai minimarket yang ditunjuk atau langsung dari ATM.

Itu dia tadi cara beli tiket kereta api online secara dadakan. Bisa atau tidak mendapatkan tiket kereta api yang Anda inginkan itu semua tetap tergantung pada keberuntungan Anda. Jika tidak memungkinkan untuk membeli tiket dadakan secara online, alternatif satu-satunya adalah dengan memesan langsung di loket stasiun kereta besar di kota Anda. Datangilah orang yang mengantri untuk membatalkan tiketnya di ruang tunggu Customer Service, siapa tahu ada yang membatalkan keberangkatannya pada hari itu juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *