Tips Agar Kamu Bisa Menabung demi Masa Depan

Sedari kecil kita sudah diajarkan oleh ayah, ibu, bapak, dan ibu guru untuk menabung. Ada yang mengajarkan untuk menabung di celengan, ada yang menyelipkan uang di bawah lemari, dan ada juga yang mewajibkan iuran di sekolah. Namun sering kali kebiasaan menabung akan menghilang saat kita tumbuh dewasa. Rasanya sangat sulit untuk menyisihkan uang saku atau penghasilan kita untuk ditabung. Padahal sebenarnya kita tidak perlu menyisihkan banyak uang untuk ditabung, lho. Terkadang biaya hidup yang mahal memang membuat jumlah uang yang bisa kita tabung menjadi sangat sedikit sekali. Bahkan malah tidak terlihat sama sekali. Belum lagi jika gaya hidup kita tidak sesuai dengan penghasilan kita. Dikit-dikit makan-makan cantik, dikit-dikit liburan, dikit-dikit beli gadget atau tas baru, dikit-dikit hura-hura bareng teman-teman. Lalu apa yang harus kita lakukan agar bisa menabung?

Tips Jitu Menabung

Nah, kali ini akan kami berikan beberapa tips menabung yang paling jitu. Setelah membaca ini, kami harap kamu akan membulatkan tekad dan siap untuk menabung. Yuk, langsung saja cek tipsnya!

  1. Langsung tabung sebagian uangmu saat hari gajian tiba

Tips ini walaupun terlihat susah namun harus bisa kmau lakukan. Saat hari gajimu sudah tiba, sisihkan sebagian uangmu sekitar 20 persen dari gaji untuk di tabung. Jangan tunggu sampai ada uang yang tersisa di akhir bulan. Karena belum tentu masih ada uang sisa untuk ditabung. Jadikan menabung sebagai prioritas utamamu. Apalagi untuk kamu yang sudah bekerja dan punya gaji tetap harus lebih bijak lagi dalam menggunakan uang. Hitung dulu berapa uang yang akan dikeluarkan untuk memnuhi kebutuhan pokok. Kalau bisa pakai amplop untuk memisahkan uang-uangmu. Perkiraan kebutuhan biayamu selama satu bulan, kemudian masukan sisanya ke dalam rekening khusus untuk tabungan. Rekening ini selain untuk menabung juga untuk persediaan dana darurat karena terkadang ada sesuatu yang tak terduga sehingga kamu harus mengeluarkan uang. Nominal yang harus kamu tabung juga harus masuk akal dan disesuaikan dengan kebutuhan bulananmu. Jangan sampai karena kamu ingin sekali menabung, malah kamu jadi keteteran. Membagi uang untuk kebutuhan sehari-hari dan uang tabungan dengan tidak bijak justru bisa membuat kamu menggunakan uang yang sudah kamu tabung. Entah karena kamu sangat pelit pada dirimu sendiri dalam bulan ini sehingga bulan berikutnya kamu menjadi boros atau karena kamu terlalu prihatin sehingga malah jatuh sakit.

  1. Simpan pecahan uang rupiah tertentu

Jika cara pertama terlalu sulit buatmu, maka kamu bisa coba cara berikut. Tetapkan pecahan uang rupiah tertentu untuk ditabung. Misal, untuk kamu yang masih anak sekolah atau mahasiswa bisa menabung uang receh, uang 1.000, 2.000. hingga 5.000 setiap harinya. Tabunglah uang tersebut di celengan. Meskipun yang kamu tabung setiap harinya merupakan nominal yang kecil, namun kamu akan dibuat terkejut saat menghitung uang di dalam celenganmu yang sudah penuh! Lalu bagaimana untuk yang sudah bekerja? Kamu bisa menabung setiap harinya antara 10.000 hingga 20.000. Jadi, kapanpun dan dimanapun kamu punya uang 10.000 atau 20.000 langsung saja ditabung. Kamu juga bisa menabung uang yang kamu dapatkan dari kembalian. Cara unik ini cukup ampuh untuk kita terapkan. Fokus menabung uang pecahan tertentu bisa dijadikan sebagai alternatif yang mudah untuk langkah pertama menabung. Setiap kali mendapatkan uang pecahan 1.000 hingga 20.000, langsung sisihkan uang itu untuk ditabung saat itu juga. lakukan hal ini setiap hari agar tidak terlalu berat. Jumlah uang pas yang kita tabung setiap harinya akan membuat celenganmu cepat gendut. Dengan cara inilah kamu mungkin akan terasa seperti sedang main-main daripada sedang menabung. Sehingga usahamu dalam menabung akan lebih santai.

  1. Gunakan fasilitas autodebit dari Bank

Akan ada banyak godaan yang menghampirimu saat hari gajian tiba. Pun dengan mereka yang sudah ditransfer oleh orang tua. Tak jarang, di saat inilah mereka akan merayakan hari gajian mereka untuk makan mahal atau membeli barang yang sudah diidam-idamkan. Akibatnya mereka sudah tidak punya uang pada saat pertengahan bulan. Nah, jika kamu adalah orang yang seperti ini maka sebaiknya kamu bisa gunaan fasilitas auto debit di rekening bank kamu. Jadi setiap kali ada uang masuk ke dalam rekening, maka uangmu akan terkirim ke rekening tabunganmu secara otomatis. Cara ini semacam investasi jangka pendek. Jadi sehari setelah kamu gajian, maka gaji kamu akan terpotong sebagian secara otomatis untuk ditabung. Memangakan terasa berat pada awalnya, namun cara ini lebih aman dan lebih praktis daripada kamu menabung di celengan yang akan berisiko untuk dicongkel di kemudian hari.

  1. Catat pengeluaran

Catat pengeluaran kita selama sebulan. Kmau bisa melakukannya dengan cara manual atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi seperti Money Manager. Dengan cara inilah kita jadi tahu apa saja yang mesti dihemat atau tidak dilakukan demi menabung. Walaupun cara ini cukup ribet, namun dengan mencatat dan memonitori semua transaksi keuangan kamu selama satu bulan akan membantu kamu menabung. Kamu bisa membuat anggaran kebutuhan bulanan dan uang tabungan. Bukan hanya itu pula, kamu juga bisa tahu pengeluaran mana yang membuat kamu boros. Sata kamu sudah tahu mana yang masih bisa dikorbankan, kamu akan lebih bijak untuk menggunakan uangmu. Dengan cara ini pulalah kita akan tahu apakah kamu pribadi yang hemat atau boros.

  1. Bawa uang cash lebih sedikit dari biasanya saat keluar

Jika selama ini kamu kesulitan menabung karena kebiasaan jajanmu yang agak boros, coba kamu gunakan tips ini. Saat pergi keluar untuk kegiatan sehari-hari, bawa uang secukupnya saja. Kalau perlu tidak usah bawa dompet. Misal hari ini kamu hanya kuliah sebentar, kamu bisa membawa uang 10.000 atau 20.000 untuk jaga-jaga membeli bensin saja. Dengan cara inilah kamu tidak akan tergoda untuk membeli hal-hal lain yang sebenarnya tidak perlu. Karena semakin kamu memegang banyak uang, semakin mudah bagimu untuk tergoda dan berakhir membelanjakan uangmu. Cara ini akan membuatmu terhindar dari godaan jajan atau belanja karena membawa uang yang pas. Kamu menjadi tidak konsumtif dan bisa berhemat lebih banak. Hasilnya adalah kamu mempunyai banyak uang untuk ditabung.

  1. Konsisten menabung

Menabung memang sulit karena membutuhkan kedisiplinan dan komitmen yang tinggi. Kamu juga harus konsisten dengan jumlah uang yang ingin kamu tabung tiap bulannya. Untuk membuat tabunganmu lebih cepat tercapai, kamu jangan hanay konsisten untuk menabung di awal bulan saja. Kamu juga harus konsisten dengan jumlah uang minimal yang ingin kamu tabung. Dengan cara inilah kamu akan menyesuaikan gaya hidup.

Demikian 6 tips ampuh untuk menabung. Jika kamu masih membutuhkan pinjaman online, maka kamu bisa cek di doctor rupiah.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *