Sering Lihat Baju Koko dengan Nehru Collar? Inilah Sisi Menariknya

Sejak beberapa dekade yang lalu Nehru collar atau kerah Nehru sudah populer di dunia fashion. Bisa jadi baju koko yang selama ini Anda pakai juga memiliki kerah model ini. Jika ditelusuri, rupanya kerah model ini sudah mengalami berbagai kejadian menarik yang harus diulik dan diketahui. Inilah sisi menarik dari kerah Nehru yang ada pada baju muslim saat ini.

Nehru Collar Sudah Ada Sejak Abad ke-20

Jika Anda pernah belajar sejarah, mungkin sering sekali mendengar nama tokoh India yang sangat penting, yaitu Jawaharlal Nehru. Beliau merupakan salah satu petinggi negara India yang terkenal taktis, cerdas, dan baik hati. Sebelum Jawaharlal Nehru naik menjadi Perdana Menteri India, rupanya bakal kerah Nehru sudah ada. Hanya saja belum bernama.

Barulah ketika baju dengan kerah tersebut rajin dikenakan oleh Jawaharlal Nehru, nama Nehru collar pun muncul. Pada abad ke-20, tepatnya sejak pertengahan abad ke-20, kerah model ini memiliki peminat yang luas. Seiring dengan terjalinnya kerja sama antara India dengan berbagai negara lain lewat jalur diplomatis.

Nehru Collar juga Diminati oleh The Beatles

Siapa yang tidak kenal dengan band legendaris ini? Namanya sudah menjalar di Indonesia, mulai dari yang sama-sama kalangan seniman hingga anak-anak muda. Tepatnya pada tahun 1965 lalu, The Beatles mulai membawakan lagu-lagu di atas panggung dengan kerah Nehru ini. Tak ayal, para penggemar pun ikut-ikutan memakai kerah yang sama.

Nehru Collar Pernah Dipakai oleh Sejumlah Artis Top

Apakah ada yang kenal dengan Harry yang menjadi penyanyi utama One Direction? Pada tahun 2014 lalu, tepatnya ketika ia naik panggung untuk mendapatkan gelar di American Music Award ke-42 juga memakai kerah baju ini. Ia jadi kelihatan sangat dewasa dan sederhana, walaupun tidak meninggalkan motif semarak di pakaian lainnya.

Pengaruh kerah Nehru tidak sebatas itu. Seorang artis bernama Petyr Baelish di seri Game of Thrones juga memakai kerah ini. Namun dalam balutan yang lebih klasik. Tidak semodern yang dikenakan oleh Harry. Kemudian dipakai pula oleh Christopher Waltz yang memainkan peran sebagai Franz Obershauser. Tampilannya jadi lebih cool.

Nehru Collar Pernah Dipakai oleh Xi Jinping

Xi Jinping merupakan salah satu presiden Cina yang sangat terkenal. Beliau tampak mengenakan model kerah ini ketika berkunjung ke Istana Buckingham. Kerah yang dipakainya itu dipadukan dengan jaket berwarna hitam serupa arang. Saat itu ia tampak berfoto bareng dengan Kate Midleton pada bulan Oktober tahun 2015.

Nehru Collar Mirip dengan Mandarin Collar

Agak kurang jelas ketika tadi menyebut presiden Cina memakai kerah Nehru. Jangan-jangan yang dia pakai itu Mandarin collar. Tidak kok. Tetap kerah Nehru. Perbedaannya terletak pada pantas atau tidaknya ketika kedua kerah tersebut dibuka. Faktanya, kerah Mandarin lebih bagus ketika kancing teratasnya dibuka, berbeda dengan kancing di kerah Nehru.

Kerah Nehru pada baju koko pada dasarnya sama dengan model baju yang dipakai oleh Jawaharlal Nehru. Bedanya apa yang ada di bawah kerah itu. Berbagai model baju muslim bisa Anda dapatkan di Blibli. Banyak baju muslim yang memiliki harga dengan diskon besar. Apalagi menjelang Lebaran nanti yang bakal lebih banyak promonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *