Prinsip Pengadaan Barang Online untuk Tingkatkan Produktivitas

Semua hal yang berprinsip tentu akan lebih terjamin. Pengadaan barang secara online adalah salah satunya. Sudah terdapat prinsip dalam eprocurement yang melancarkan setiap proses pemenuhan kebutuhan. Kamu bisa memilih vendor terbaik melalui platform yang terpercaya. Pilihlah vendor terbaik untuk pengadaan yang berpihak pada peningkatan produktivitas.

  • Efisiensi Waktu dan Biaya

Efisiensi merupakan prinsip utama dalam metode eprocurement. Sistem pengadaan online terbilang lebih mudah dan cepat untuk memenuhi kebutuhan. Lewat platform, kamu akan mendapatkan efisiensi dalam hal waktu dan biaya karena eprocurement menggunakan sistem online yang bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Lebih dari itu, kamu akan menghemat biaya cetak dokumen persyaratan. Sistem online berarti merupakan sistem paperless yang mendukung penghematan biaya cetak. Proses pengadaan online juga lebih sederhana dalam prosesnya. Verifikasi dapat dilakukan secara otomatis via online. Klien bisa memperoleh pemberitahuan dalam waktu singkat.

  • Kelancaran dan Ketepatan Pengadaan

Pengadaan online juga mengutamakan kelancaran serta ketepatan. Proses online akan menjamin kelancaran sistem dengan langkah yang tersistem. Berbeda dengan pengadaan manual yang bisa terjadi risiko kehilangan data. Dalam sistem eprocurement ini, semua data diunggah dalam akun pribadi ke sistem untuk dilakukan verifikasi. Keamanan data akan terjamin, termasuk kerahasiaan.

Kelancaran proses juga terjamin dengan pemantauan dalam proses pengadaan hingga penerimaan barang. Pemantauan tersebut melalui pemeriksaan status pengadaan. Dalam hal ketepatan, informasi mengenai vendor dan produk dapat ditampilkan dalam platform. Dengan sekali klik pada menu yang sesuai, kamu bisa memperoleh info lengkap, termasuk spesifikasi dan harga produk.

Dengan informasi tersebut, kamu dapat memilih vendor beserta produk berupa barang atau jasa yang tepat. Penyesuaian produk dengan kebutuhan dan dana yang tersedia bisa dilakukan dengan cepat. Proses eprocurement ini juga meningkatkan ketepatan dalam pengambilan keputusan bersama di kantor.

  • Pengadaan Barang Harus Akuntabel

Akuntabel tentu saja menjadi prinsip dasar dalam sistem pengadaan barang via online. Dalam sistemnya, semua transaksi pengadaan dilakukan secara online. Seluruh transaksi tersebut tercatat secara otomatis dalam sistem. Dengan demikian, alokasi dana pasti lebih tepat dan terukur sesuai perencanaan. Jadi, kecurangan atau manipulasi data pasti lebih sedikit.

Pemakaian dana lebih bisa dipertanggungjawabkan. Pembuatan laporan keuangan juga jadi lebih riil dan akurat. Sistem pembuatannya juga mudah karena tinggal mengolah catatan yang sudah ada dalam bentuk digital dari bukti transaksi.

  • Transparansi

Prinsip transparansi dalam eprocurement adalah dalam hal bukti transaksi yang tercatat secara otomatis. Bukti transaksi ini ada dalam bentuk digital. Kamu dapat memperoleh bukti transaksi tersebut. Tak hanya itu, sistem pemantauan melalui tracking pengiriman dan status pengadaan merupakan dua hal yang menjadi bukti transparansi.

  • Bersaing

Bersaing merupakan salah satu prinsip ke depan yang menjadi orientasi dari pengadaan online. Dalam praktiknya, sistem pengadaan online yang prosesnya praktis, tentu bisa melakukan pengadaan lebih cepat dan tepat waktu. Pada akhirnya, produktivitas akan terjamin. Dengan demikian, daya saing akan meningkat. pihak perusahaan akan mampu bersaing.

  • Adil

Adil adalah prinsip yang mulia dan diterapkan dalam sistem eprocurement. Keadilan ini berlaku bagi setiap orang yang menggunakan sistem pengadaan online. Melalui sistem yang berprinsip keadilan ini, setiap klien akan mendapatkan layanan yang sama satu sama lain. Kesempatan mendapatkan vendor dan produk yang terpercaya juga sama besar.

Sangat disayangkan apabila sistem pengadaan mengalami keterlambatan. Imbasnya sangat fatal bagi kegiatan operasional. Produktivitas juga akan menurun. Lewat pemilihan Mbizmarket sebagai platform eprocurement, kamu dapat memperoleh vendor dengan layanan portal yang menerapkan prinsip tersebut. Proses pengadaan barang akan lancar dan mendukung produktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *