Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Gatal pada Kulit

Walaupun bukan penyakit serius, namun gatal merupakan penyakit kulit yang sangat mengagangggu aktivitas sehari-hari. Hal ini pun akan menimbulkan kesan yang tidak baik, seperti jorok, bagi penderitanya. Oleh karena itu penyakit gatal pada kulit perlu diwasapai dan diatasi dengan baik agar tidak menimbulkan citra diri yang buruk.

Kenali Sebab Penyakit Gatal pada Kulit

  • Kulit Kering

Perubahan cuaca yang tidak menentu di Indonesia mungkin menjadi salah satu penyebab gatal pada kulit. Hal ini terjadi ketika cairan yang terkandung di dalamnya mulai menipis dan menimbulkan reaksi berlebih ketika bergesekan dengan benda sekitar. Apabila kulit mulai terasa kering, kehadiran virus yang tidak terlalu berbahaya pun bisa membuat kulit menjadi gatal.

  • Iritasi atau Reaksi Alergi

Di samping itu, coba perhatikan dengan teliti apakah Anda mengonsumsi suatu makanan tertentu  yang berpotensi menimbulkan gatal. Reaksi ini pun juga bisa terjadi ketika Anda mengonsumsi suatu obat tertentu yang tidak sesuai dengan tubuh. Tubuh pun bisa menimbulkan reaksi gatal akibat penggunaan suatu produk tertentu seperti kosmetik atau pakaian dengan bahan tertentu.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah suatu benda atau makanan menimbulkan reaksi alergi adalah dengan nenandai kapan munculnya gatal itu sendiri. Apabila sesaat setelah menggunakannya badan Anda menjadi gatal dan ketika menghentikan pemakaian gatal akan hilang, maka kemungkinan besar reaksi gatal timbul karena alergi atau iritasi.

  • Penyakit Internal

Jika gatal tiba-tiba muncul dan bukan disebabkan oleh reaksi alergi, maka bisa jadi Anda menderita penyakit internal yang cukup membahayakan. Penyakit tersebut misalnya diabetes, penyakit hati, gagal ginjal, anemia defisiensi besi, masalah tiroid hingga kanker.

Namun biasanya gatal yang disebabkan oleh penyakit internal akan menyerang seluruh tubuh bukan hanya bagian tertentu saja. Kulit  pun akan terlihat normal ketika daerah kulit yang gatal tidak digaruk sehingga menimbulkan luka.

Cara Mengobati Gatal pada Kulit

  • Kulit Kering

Untuk mengatasi gatal yang terjadi akibat kulit kering, Anda cukup berulang kali mengoleskan pelembab yang terbuat dari bahan alami pada daerah kulit yang kering. Selain itu pemilihan sabun yang mengandung pelembap pun sangat dianjurkan untuk membantu menutrisi dan melembapkan kulit.

  • Alergi dan Iritasi

Ketika tubuh bereaksi terhadap suatu benda, maka zat kimia bernama histamine inilah yang akan bekerja memicu gatal serta ruam merah pada kulit. Untuk menyembuhkannya, dibutuhkan zat kimia bernama antihistamin yang terkandung dalam beberapa obat seperti CTM, ciproheptadin, difenhidramin, cetirizine, loratadin, dan lain sebagainya.

Jika Anda pergi  untuk menemui dokter kulit, maka biasanya obat yang Anda peroleh berupa salep untuk mengurangi peradangan. Jika  gatal sudah mencapai level yang cukup parah maka barulah Anda akan diberi resep obat tertentu.

  • Gatal Akibat Penyakit Internal

Jika Anda menderita suatu penyakit dan menyebabkan gatal pada kulit sebagai efek samping yang dialami tubuh, maka obat yang harus Anda konsumsi haruslah sesuai petunjuk dokter. Anda tidak bisa menggunakan sembarang obat karena hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

  • Mandi Secara Rutin

Walaupun kegiatan ini sudah masuk ke dalam aktivitas harian, namun Anda perlu ingat bahwa mandi yang ideal adalah 2x sehari pada pagi dan sore hari. Air bisa membersihkan kulit dari bakteri dan virus yang menempel untuk kemudian diberi obat yang sesuai. Gunakan pula Lifebuoy antibakteri untuk semakin membuat kulit Anda bersih dan bebas dari kuman.

Itulah beberapa penyebab serta cara mengobati penyakit gatal pada kulit, mulai dari cara sederhana hingga berkunjung ke dokter kulit apabila dirasa gatal sudah sangat mengganggu. Jangan ragu ataupun malu untuk melakukannya karena hal tersebut bisa berdampak tidak baik pada kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *