Mudahnya Membuat Ramuan Obat Batuk Berdahak Secara Alami

Batuk adalah sebuah gangguan kesehatan yang bisa membuat kita bahkan orang lain di sekitar kita menjadi tidak nyaman. Bayangkan, jika anda berada di suatu ruangan yang seharusnya penuh dengan ketenangan, misalnya perpustakaan. Lalu, karena anda sedang batuk, otomatis suara batuk anda terus menerus keluar entah tiap beberapa detik hingga beberapa menit sekali. Hal itu bukan hanya membuat anak tidak nyaman, tapi orang yang sedang membaca di perpustakaan pun akan merasa terganggu. Jika sudah begini, mencari obat batuk berdahak adalah solusi yang harus segera dilakukan.

Akan tetapi, tidak semua orang cocok menggunakan obat batuk yang berbahan kimia. Belum lagi dengan efek samping yang bisa saja terjadi, misalnya mengantuk. Kebanyakan obat kimiawi bisa mendatangkan rasa kantuk sebagai efek sampingnya. Nah, jika anda harus minum obat batuk yang memiliki efek samping saat anda harus bekerja misalnya, tentu akan membuat anda semakin tak nyaman.

Untuk itu, jika ingin lebih aman dan bebas dari efek samping, obat batuk alami atau yang terbuat dari bahan herbal tanpa kimiawi adalah cara yang tepat yang harus dilakukan. Adapun untuk membuat obar batuk berdahak secara alami adalah sebagai berikut.

Pertama, buat ramuan dengan menggunakan jeruk nipis dan madu atau kecap. Ramuan ini sudah sangat dikenal sejak dulu dan diketahui ampuh untuk mengatasi batuk berdahak. Caranya, ambil perasan dari satu buah jeruk nipis kemudian dicampur dengan madu atau boleh juga dengan kecap. Minum ramuan ini 2 hingga tiga kali sehari sebanyak satu sendok makan.

Kedua, buat ramuan jahe dan kencur. Jahe selain membuat tenggorokan yang gatal menjadi hangat, juga bisa menjadi anti bakteri. Untuk membuat ramuan obat batuk dari jahe dan kencur, caranya adalah dengan memotong jahe dan kencur menjadi beberapa bagian dan rebus dengan air hingga mendidih dan aroma jahe kencur keluar. Dinginkan ramuan tersebut dan minumlah satu gelas per hari.

Nah, itulah dua cara mudah untuk membuat ramuan obat batuk berdahak yang alami, tanpa bahan kimia, dan tentunya tanpa efek samping. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *