Mengulik 15 Fakta Unik Singapura, Negara Kecil Nan Kaya di Asia Tenggara

Terletak di ujung Semenanjung Malaya antara Indonesia dan Malaysia, Singapura adalah satu negara kecil di Asia Tenggara. Menyebar melintasi tanah seluas lebih dari 714 kilometer persegi, Singapura adalah negara yang kaya dan satu negara paling maju di Asia Tenggara. Singapura memiliki empat bahasa resmi Inggris, Melayu, Mandarin, dan Tamil.

Ya, Singapore adalah kata bahasa Inggris untuk "Singapura," yang berarti Kota Singa. Tapi tahukah kamu bahwa tidak ada singa di Singapura? Nama "Singapura" berasal dari bahasa Sansekerta Simha atau Singha, yang berarti "Singa."

Singa juga hewan nasional Singapura. Singapura adalah negara yang kaya akan keanekaragaman budaya dan etnis yang berbeda, misalnya China, Melayu, dan India. Singapura juga dikenal sebagai “Tanah Akronim.”

Baik itu Jalan Raya, lembaga pemerintah, gedung pencakar langit, moda transportasi atau bahkan nama manusia (LKY Lee Kuan Yew, perdana menteri Singapura pertama) memiliki akronim. Beberapa akronim seperti MOE – Ministry of Education, SBS – Singapore Bus Service, MRT – Mass Rapid Transit, CTE – Central Expressway dan GST – Goods and Services Tax. "Gardens by the Bay" adalah taman di Singapura yang tersebar di 250 hektar tanah.

Gardens by the Bay memiliki tiga taman tepi laut: Bay East Garden, Bay South Garden, dan Bay Central Garden. Seluruh taman ini terkenal dengan desain dan arsitekturnya yang indah. Gardens by the Bay terdiri dari 18 supertrees yang bertindak sebagai taman vertikal dan juga menghasilkan tenaga surya.

Mereka bekerja sebagai saluran ventilasi udara untuk konservatori terdekat. Hari Nasional Singapura dirayakan pada 9 Agustus setiap tahun, untuk merayakan kemerdekaan Singapura dari Malaysia pada tahun 1965. Festival selama seminggu ini merayakan berbagai budaya dan etnis Singapura.

Singapore River Festival menampilkan pertunjukan yang indah oleh seniman dan banyak parade di sepanjang Sungai Singapura. Jika kamu tertarik untuk mencoba masakan baru, pergilah ke satu pusat jajanan di Singapura. Ada lebih dari 100 pusat jajanan di Singapura yang memiliki hampir 200 kios.

Cukup sulit untuk menjelajahi semuanya karena kamu membutuhkan setidaknya 4 hari untuk mencoba semua makanan pusat jajanan. Budaya dan warisan Singapura yang beraneka ragam telah menyajikan sejumlah besar masakan penuh warna, masing masing dengan rasa dan aroma yang khas. Kepiting Cabai, Kue Wortel Goreng, Nasi Ayam Hainan, Hokkien Prawn Mee, Kari Kepala Ikan, Kaya Toast, Nasi Lemak, Rojak & Roti Prata adalah beberapa hidangan lokal paling populer.

Singapura berada di urutan kedua dalam daftar negara terpadat di dunia, setelah Monako. Selain itu, Singapura juga berada di posisi keenam dalam daftar negara terkaya dan ke 20 di dunia. Singapura adalah satu tempat favorit di dunia untuk pertemuan dan acara global.

Merek merek terkenal seperti Singapore Airlines dan Tiger Beer berasal dari Singapura Percaya atau tidak, tapi, zona waktu Singapura telah dimodifikasi hampir 6 kali selama abad terakhir. Hingga 31 Mei 1905, Singapura 6,5 jam dari Greenwich Mean Time (GMT).

Kemudian lebih cepat dari 7 jam kemudian 07: 20 … 07: 30 … 09: 00 … 07: 30 dan pada tahun 1982, didefinisikan kembali menjadi 8 jam lebih awal dari GMT. Kenapa begitu? Seluruh cerita adalah bahwa Malaysia Timur adalah GMT +8.00 & Malaysia Barat adalah GMT +7.50.

Malaysia memutuskan untuk membakukan waktu mereka, tetapi akan menjadi canggung bagi Singapura untuk menjadi satu satunya yang 7,5 jam lebih cepat dari GMT. Jadi, mereka mengubahnya! Kebun binatang safari malam pertama di dunia dibuka di Singapura pada 3 Mei 1994.

Safari Malam ini memakan waktu hampir tujuh tahun untuk diselesaikan dengan biaya 62,5 juta Dollar Singapore. Kebun binatang malam hari awalnya bernama Asian Night Safari dengan fokus pada spesies Asia tetapi kemudian berganti nama menjadi Night Safari. Singapura berada daftar negara teratas yang memiliki kemudahan melakukan bisnis di seluruh dunia.

Telah diperingkat no 1 berturut turut selama 7 tahun oleh Bank Dunia. Singapura adalah yang pertama di dunia yang memiliki perlindungan terbaik atas kekayaan intelektual. Singapura juga negara paling kompetitif ke 3 di dunia.

“Peluk Aku,” dan kamu akan mendapatkan coca cola! Ini adalah mesin coca cola pelukan yang terletak di Universitas Nasional Singapura. Ini adalah mesin 'Hug Me' pertama yang membagikan sebotol Coke ketika seseorang melingkarkan lengannya di sekitar mesin.

"Bukit Timah Hill" adalah titik alami tertinggi di Singapura yang hanya setinggi 164 m (537 kaki), meskipun demikian, ia mengandung lebih banyak jenis pohon daripada seluruh benua Amerika Utara. Ingin melihat karya arsitektur? Kunjungi Sands Skypark

Itu terlihat seperti kayak atau papan selancar yang dipasang di atas tripod, dibangun di atas tiga menara hotel di Marina Bay Sands. Memberikan pemandangan panorama Singapura yang terbaik, surga tropis seluas 1,2 hektar ini lebih panjang dari Menara Eiffel. Sands Skypark cukup besar untuk memarkir empat jet jumbo A380.

Sands Skypark juga memiliki kolam renang atap terbesar di dunia yang disebut "Infinity Pool."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *