Mainan Bayi Edukatif 0-6 Bulan untuk Rangsang Pertumbuhan Si Kecil

Walaupun masih berusia belia dan belum mampu mengenali lingkungan sekitar, namun mainan bayi sering digunakan sebagai pengalih perhatian ketika orangtua akan melakukan kegiatan lain. Namun begitu, ternyata terdapat juga mainan yang didesain khusus untuk membantu si kecil merangsang pertumbuhan otaknya. Langsung saja, berikut ulasannya.

Gambar Hitam Putih

Bayi baru lahir tentu belum bisa menggunakan indera yang dipunyainya dengan sempurna. Oleh karena itu untuk permulaan Anda bisa menempatkan gambar hitam putih dengan motif sederhana untuk membantu si kecil belajar memfokuskan pandangan. Ketika kemampuan melihatnya sudah sempurna, maka ia akan mengikuti gerakan kertas tersebut  apabila digerakkan.

Crib Mobile

Crib mobile lebih dikenal sebagai mainan gantung yang diletakkan di atas boks bayi atau terletak pada stroller si kecil untuk mengalihkan perhatian. Namun ternyata keberadaan mainan bayi tersebut juga berguna untuk merangsang pertumbuhan si kecil. Mulai dari segi motorik, sensorik, hingga kemampuannya berimajinasi.

Untuk memilih jenis mainan crib mobile, Anda harus memperhatikan bahan pembuatnya dan tujuan diletakkannya mainan tersebut. Jika ingin ditempatkan di atas boks sebagai mainan yang bisa disentuh bebas oleh si kecil, Anda sebaiknya memilih bahan lunak yang tidak akan melukai kulit si kecil.

Namun jika ingin menempatkannya tinggi sebagai hiasan dan tidak dapat terjangkau oleh bayi, Anda bisa memilih mainan dengan bahan yang sedikit kasar. Keberadaan musik sebagai pengiring ketika ia bermain juga berguna untuk merangsang pendengaran serta nalar si kecil.

Mainan Berbahan Lembut

Ketika si kecil sudah mulai bosan di dalam boks dan ingin diajak bermain di lantai, Anda bisa memberikannya mainan lunak seperti bola atau boneka yang terbuat dari bahan lembut dan halus. Jadi benda tersebut tidak akan melukai kulit si kecil, pun apabila dimasukkan ke mulut oleh si kecil akan memberikan dampak minimal.

Anda juga bisa memberikan ia bola berbahan karet dan bergerigi untuk membantu ia mempelajari tekstur suatu benda. Anda pun bisa mengajarinya tentang konsep gravitasi dengan benda tersebut. Ketika ia mulai tertarik dan memahami apa yang ia mainkan, maka benda-benda yang ia pegang secara otomatis akan dilempar untuk melihat reaksi yangn ditimbulkan.

Buku Bayi

Buku merupakan media yang sangat baik untuk menyampaikan pengetahuan baru disertai dengan gambar yang menarik di setiap halamannya. Ketika si kecil mulai bisa meraba-raba untuk membedakan tekstur suatu benda, Anda bisa memberikan buku bayi yang terbuat dari kain yang memiliki tekstur berbeda.

Budaya membaca bisa Anda terapkan sedari dini mulai dari sini. Ketika ia mulai bosan bermain dengan buku bayi tersebut, maka biasanya ia akan meremas buku tersebut kemudian dijatuhkan. Itulah proses mengenali tekstur yang dilewati oleh bayi, jadi Anda sebaiknya tidak merasa kesal ketika si kecil melakukan hal serupa.

Mangkuk Pelangi

Untuk mengajarkan si kecil mengenai bentuk benda, Anda bisa memanfaatkan mangkuk berbagai warna sebagai media yang tepat. Selain memperkenalkan nama-nama warna, Anda bisa mengajarinya bagaimana menyusun mangkuk tersebut menjadi menara dengan menempatkan bentuk terbesar di bawah dan bentuk kecil di atas.

Kegiatan ini mampu membuat bayi mengeluarkan segenap tenaga untuk menyusunnya serta mengeluarkan memori dari dalam otaknya untuk menyelesaikan permainan tersebut. Anda pun secara tidak langsung mengenalkan perbedaan yang harus ada untuk menghasilkan pekerjaan yang sempurna.

Dalam memilih mainan bayi, tentu bahan menjadi pertimbangan utama sebelum menentukan apakah barang tersebut sesuai dengan harga dan fungsi yang diberikan. Untuk itu Anda harus lebih jeli agar pengeluaran tidak sia-sia. Untuk mendapatkan beragam mainan di atas, Anda bisa mengunjungi tokoonline digital terkemuka jakmall.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *