Ingin Berbuat Baik, Lakukan Cara Terbaik Ini di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah. Di bulan ini aktivitas ibadah akan menjadi lebih banyak dan memberikan kesehatan untuk Anda bisa berbagi baik kepada siapa saja yang diinginkan dengan cara terbaik. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan dengan mudah selama bulan Ramadhan.

  1. Berbagi Makanan

Anda bisa berbagai makanan saat berbuka puasa kepada orang miskin atau orang yang kurang mampu di lingkungan sekitar. Anda tentu tahu mana bagian dari tetangga yang dirasa tidak mampu dan perlu diberikan makanan. Ini bisa menjadi menu berbuka puasa yang membuat mereka bahagia dengan makanan yang diberikan.

  1. Berbagi Takjil

Takjil adalah makanan atau minuman untuk berbuka puasa. Berbagi takjil cara berbagi baik yang bisa Anda lakukan kepada siapa saja. Pada bulan Ramadhan ini siapa pun yang Anda berikan takjil atau makanan ringan ini akan mendapatkan pahala. Bisa berbagi takjil kepada para tetangga, di jalan-jalan, atau bisa kepada keluarga yang ada.

  1. Tersenyum

Berbuat baik tidak selalu perihal uang, Anda bisa melakukan perbuatan baik dengan cara lain seperti tersenyum. Ini cara berbuat baik yang mudah dan membuat orang lain menjadi bahagia. Anda bisa melakukannya saat bertemu dengan orang di luar atau saat berbelanja tersenyum ramah kepada penjual.

Bagi yang bekerja bisa tersenyum kepada masyarakat yang diberikan pelayanan. Lakukanlah senyum yang ikhlas. Anda yang tersenyum akan mendapatkan balasan senyuman yang sama. Senyum juga berarti salah satu bentuk Anda menghargai orang lain saat berinteraksi.

  1. Merawat Hewan Peliharaan

Berbuat baik tentu bukan hanya kepada sesama manusia, tetapi juga bisa Anda lakukan kepada hewan peliharaan. Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini akan memberikan pahala berlipat pada setiap kebaikan Anda. Rawatlah hewan peliharaan dengan memberikannya makan dan membersihkan kandang atau pun hewannya langsung.

  1. Santunan Anak Yatim

Cara berbuat baik berikutnya yang bisa dilakukan adalah memberikan santunan kepada anak yatim. Anda bisa memberikan makanan untuk berbuka puasa dan sahur semampunya. Ini tentu akan membuat anak yatim sangat bahagia. Pahala yang akan Anda raih pun sangat besar karena menyantuni anak yatim.

Santunan kepada anak yatim tidak hanya berupa makanan, Anda juga bisa memberikan santunan dalam bentuk pakaian. Berhubung akan lebaran bisa dengan membeli pakaian yang layak untuk anak yatim. Kebaikan Anda ini akan membuat anak-anak yatim tersebut merasa bahagia.

  1. Sedekah

Berbuat baik lainnya yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan atau pun bulan lainnya adalah dengan bersedekah. Anda bisa memberikannya semampunya setiap hari saat melakukan ibadah taraweh di mesjid. Sedekah ini akan mendapatkan pahala yang banyak di bulan Ramdhan yang dilipat gandakan. Anda bisa melakukannya secara rutin setiap harinya tanpa ada batas.

Sedekah juga bisa diberikan kepada para pengemis atau pun saat Anda sedang berada di jalan. Saat bersedekah niatkanlah hanya karena Allah bukan hal lain. Apa lagi untuk pamer kepada rekan atau pun orang di sekitar Anda. Jangan malu untuk bersedekah walau pun hanya dengan nominal yang sedikit, sebab amal tidak dihitung dari nominalnya tetapi keikhlasan Anda.

Anda bisa memilih berbagi baik yang mana atau bisa melakukan semuanya sesuai dengan kemampuan. Jangan pula terlalu memaksakan diri jika memang tidak mampu. Saat melakukan perbuatan baik, sebaiknya Anda tidak ria dengan memberitahukan di media sosial seperti aktivitas lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *