Deretan Permainan Anak Jaman Dulu yang Mulai Terlupakan

Permainan jaman dulu berbeda jauh dengan permainan jaman sekarang. Namun jenis permainan ini juga masih keren untuk diajarkan pada si kecil. Pasalnya ada banyak sekali jenis permainan jaman dulu yang mampu mengasah keterampilan sang buah hati. Nah berikut merupakan deretan permainan anak jaman dulu yang sudah mulai dipulakan.

Petak Umpet

Mungkin kini permainan ini juga masih banyak dimainkan oleh anak zaman sekarang. Hanya saja jumlah pesertanya tidak terlalu banyak. Nah tak ada salahnya Anda mengajak sang buah hati untuk bermain petak umpet. Cara bermainnya juga terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu menentukan orang yang akan bertugas sebagai pencari.

Tanpa disadari permainan anak jaman dulu yang terbilang cukup sederhana ini mampu membatu dan mengajarkan sang buah hati untuk berpikir lebih kreatif, beradaptasi dengan lingkungan, hingga menyusun strategi. Meski permainan yang satu ini terbilang cukup sederhana, namun permainan ini mampu membantu perkembangan si kecil agar lebih optimal.

Lompat Tali

Jenis permainan ini cenderung lebih disukai oleh anak perempuan. Meski terkadang ada anak laki-laki yang ikut bermain juga. Alat bantu permainan yang satu ini juga tergolong sangat sederhana. Sesuai dengan namanya, permainan ini hanya membutuhkan seutas tali. Level kesulitan dari permainan ini adalah level ketinggian tali yang harus dilompati.

Bagi pelompat yang gagal melompati tali maka mereka akan bergantian untuk menjadi petugas yang memegang tali tersebut. Tanpa disadari permainan sederhana ini mampu mengajarkan sang buah hati mengenai cara bernegosiasi dan komitmen terhadap apa yang sudah disepakati merupakan hal dan nilai yang tepat untuk diajarkan pada sang buah hati.

Layang-Layang

Jenis permainan ini cukup populer dan lebih diminati oleh anak laki-laki. Permainan ini dimainkan di tanah yang lapang ketika hembusan angin sedang kencang. Namun bagi anak-anak yang tinggal di perkotaan, mereka akan bermain layang-layang di atap atau loteng. Hal ini penuh dengan ide dan membuat si kecil mampu beradaptasi dengan lingkungan.

Ketika sang buah hati bermain layang-layang, mereka akan diajarkan tentang akurasi, adaptasi, dan kesabaran. Pasalnya terkadang lawan main sang buah hati juga menggunakan jenis senar yang sama. Sedangkan ketika si kecil membuat layangan hias, mereka akan diajarkan tentang mengembangkan keahlian spesial dan imajinasi dalam membentuk layangan.

Engklek

Dalam bahasa Inggris, permainan engklek lebih dikenal dengan nama hopscotch. Permainan ini dilakukan dengan cara melompati daerah di dalam persegi. Sang buah hati harus melewatinya secara bolak-balik ke atas dan kembali lagi ke titik awal. Setiap pemain wajib memiliki keping gacoan dan permainan akan dimulai setelah gacoan mendarat.

Jenis permainan zaman dulu yang satu ini mampu mengajarkan kepada sang buah hati mengenai akurasi ketika melempar gacoan, komitmen dengan kesempatan, hingga keseimbangan tubuh. Meski terkesan sederhana, namun permainan zaman dulu ini juga ikut mencerdaskan sang buah hati.

Kelereng

Kelereng merupakan salah satu jenis permainan yang paling disuakai oleh anak laki-laki. Pasalnya ada banyak variasi dalam bermain kelereng. Si kecil dikatakan menang jika mendapatkan kelereng paling banyak. Permainan kelereng ini mampu mengajarkan kepada sang buah hati mengenai negosiasi dan bagus untuk membentuk sportivitas si kecil.

Nah di atas merupakan beberapa jenis permainan anak jaman dulu yang sudah mulai dilupakan. Meski permainan di atas terkesan sederhana, namun permainan tersebut juga ikut mencerdaskan si kecil. Jangan takut bila si kecil bermain di luar ruangan. Jika baju si kecil kotor, cucilah dengan detergen Rinso untuk menjaga baju si kecil tetap lembut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *