Bayar Pajak Kendaraan Makin Mudah dengan Aplikasi Samolnas

Peningkatan kualitas layanan publik makin hari memang makin ditingkatkan agar mempermudah urusan masyarakat. Salah satu yang paling teranyar adalah diluncurkannya aplikasi Samolnas atau Samsat Online Nasional. Dengan adanya aplikasi ini, Anda bisa membayar pajak kendaraan dengan sangat mudah, loh. Yuk langsung intip ragam menu yang tersedia di aplikasi Samolnas ini!

  1. Pendaftaran

Daftar menu awal yang tersedia di aplikasi ini adalah menu Pendaftaran. Anda bisa memanfaatkan menu ini untuk melakukan pendaftaran, penetapan pajak PKB, SWDKLLJ, serta untuk mendapatkan kode bayar atas pajak yang dibebankan pada Anda. Setelah kode bayar didapatkan, Anda bisa langsung melakukan pembayaran pajak di antaranya via bank atau e-commerce seperti Blibli.

Jika Anda melakukan pembayaran via Blibli, maka bukti pembayaran akan dikirimkan ke alamat email yang digunakan saat membuka akun Blibli. Bukti pembayaran ini memiliki masa berlaku hingga 30 hari. Bawa bukti pembayaran beserta STNK dan KTP asli pemilik kendaraan. Dengan begini, Anda sama sekali tak perlu mengantre lama di bank, khususnya untuk membayar pajak kendaraan.

  1. Info Proses

Menu selanjutnya yang tersedia di aplikasi Samsat Online Nasional ini adalah Info Proses. Menu Info Proses berguna untuk mencari tahu bagaimana proses pengurusan surat-surat kendaraan Anda. Jadi, Anda sama sekali tak perlu bolak-balik pergi ke Samsat untuk mencari tahu apakah pengurusan surat-surat kendaraan tersebut telah selesai atau belum.

  1. Info Pajak

Menu selanjutnya di aplikasi ini adalah menu Info Pajak. Sesuai namanya, Anda akan mendapatkan informasi mengenai besaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) dan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). Jadi, tak perlu melakukan pengecekan langsung ke kantor Samsat untuk mencari tahu berapa banyak pajak yang harus dibayarkan.

  1. E-TBPKB

Pada aplikasi Samolnas ini juga tersedia menu E-TBPKB. Menu ini berfungsi untuk menampilkan tanda bukti pelunasan pembayaran pajak secara elektronik atau virtual. E-TBPKB ini memiliki masa berlaku selama 30 hari. Menjelang habisnya masa berlaku E-TBPKB ini, kantor Samsat akan mengirimkan pada Anda TBPKB melalui jasa ekspedisi ke alamat Anda.

  1. E-Pengesahan STNK

Menu selanjutnya adalah menu E-Pengesahan STNK. Sama dengan menu E-TBPKB, menu ini menampilkan tanda pengesahan STNK secara elektronik atau virtual. Tanda pengesahan ini bisa Anda gunakan selama 30 hari lamanya. Stiker pengesahan STNK sendiri nantinya akan dikirimkan ke alamat Anda, menjelang habisnya masa berlaku E-Pengesahan STNK ini.

  1. Pindah Bukti

Tak perlu pusing jika sekiranya Anda ingin memindahkan E-TBPKB dan E-Pengesahan STNK dari satu ponsel ke ponsel Anda yang lainnya. Pada aplikasi Samsat Online Nasional, tersedia menu Pindah Bukti untuk memudahkan Anda memindahkan tanda pembayaran dan pengesahan virtual ini.

  1. Pengaduan

Anda punya kritik, saran, ataupun pujian yang ingin diberikan atas pelayanan Samsat Online Nasional ini? Tinggal klik pada menu Pengaduan. Menu ini memang memfasilitasi penggunanya untuk bisa menyampaikan unek-unek seputar layanan Samsat Online Nasional. Nantinya, pihak Samsat Online Nasional akan menindaklanjuti kritik serta saran yang diberikan tersebut.

  1. Panduan

Terakhir, ada menu Panduan yang tersedia di aplikasi ini. Sesuai namanya, Anda bisa belajar bagaimana cara menggunakan aplikasi ini seoptimal mungkin via menu Panduan ini. Mulai dari bagaimana cara untuk bisa mendapatkan kode bayar, opsi pembayaran pajak, dan informasi lainnya. Cukup dengan membaca menu Panduan ini, aplikasi ini bisa dengan mudah Anda gunakan.

Pada zaman serba canggih seperti sekarang, Anda sama sekali tak perlu repot mengantri lagi untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan. Cukup instal aplikasi Samolnas atau Samsat Online Nasional di ponsel Anda, lalu lakukan pembayarannya secara online. Pengoperasiannya aplikasi ini sangat mudah dan bisa menghemat waktu para wajib pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *