3 Tantangan yang Dihadapi Para Investor dalam Memilih Reksadana Terbaik

Investasi merupakan langkah bagus untuk persiapan keuangan di masa depan. Investasi pun bentuknya beragam. Untuk yang paling familiar adalah investasi dalam bentuk emas hingga properti. Namun kini instrumen investasi telah meluas karena sudah ada investasi saham, deposito dan bahkan ada juga reksadana. Reksadana ini adalah berinvestasi melalui manajer investasi dimana MI tersebut akan menyalurkan dana investasi Anda ke ragam instrumen sehingga diusahakan untuk mendapat keuntungan. Memilih reksadana terbaik tentu wajib dilakukan sehingga hasilnya bisa maksimal nantinya.

Memang dapat disadari jika memilih reksadana yang tepat bukanlah hal yang mudah. Berikut ini beberapa tantangan umum yang dihadapi para investor reksadana pemula dalam memilih reksadana:

  1. Jumlah yang banyak

Reksadana yang tersedia saat ini bukan hanya satu atau dua, namun banyak sekali. Di akhir tahun 2012 saja Bapepam sudah menunjukkan jika sudah ada 754 reksadana dan dikelola 73 MI di Indonesia ini. Jumlah yang mencapai ratusan itu tentu saja adalah hal yang tidak mudah untuk dipilih sehingga para investor pemula cenderung bingung.

  1. Pemahaman terbatas

Selanjutnya adalah dari segi pengetahuan terkait reksadana ini. Pemahaman yang terbatas ini karena reksadana masih cukup baru di masyarakat jika dibanding instrumen investasi lainnya. Untuk mengatasinya, tentu Anda perlu mencari banyak informasi dari buku, internet dan masih banyak lagi. Bahkan saat ini sudah ada seminar yang membahas tentang reksadana sehingga Anda bisa menghadirinya.

  1. Terlalu hati-hati, justru tidak jadi

Mengingat uang untuk reksadana ini dipersiapkan demi tabungan masa depan, maka Anda terlalu hati-hati dalam memilih reksadana. Namun karena terlalu hati-hati, justru kerapkali investasi ke reksadana Anda gagalkan. Hal ini sering sekali terjadi sehingga Anda memang harus memantapkan hati.

Itulah beberapa tantangan dalam memilih reksadana bagi para investor pemula. Bagi Anda yang kini sedang mengalami masalah yang sama, maka jangan khawatir. Anda bisa berinvestasi melalui PT Trimegah Sekuritas. Trimegah sudah resmi terdaftar di OJK sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika akan berinvestasi reksadana terbaik melalui Trimegah.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *